Apple Maps Lebih Populer di iOS Ketimbang Google Maps

Apple mengalami banyak permasalahan pada saat Apple Maps pertama kali diluncurkan tiga tahun yang lalu. Bahkan CEO Apple, Tim Cook, meminta maaf secara terbuka atas kegagalan Apple Maps. Perlahan tapi pasti, Apple terus mengembangkan aplikasi peta buatannya. Kini, Apple Maps menjadi platform peta yang lebih populer di iOS dibandingkan dengan Google Maps.

Tidak tanggung-tanggung, Apple Maps di iOS digunakan lebih dari tiga kali lipat dibandingkan Google Maps. Aplikasi Apple Maps mendapatkan 5 Miliar request setiap pekannya. Ada dua hal pemicu kesuksesan Apple ini. Yang pertama, Apple Maps akan terinstall secara default pada semua perangkat iOS dan menjadi aplikasi peta default bagi perangkat-perangkat tersebut.

Yang kedua, Apple juga terus meningkatkan kualitas Apple Maps. Apple memperbaiki semua permasalahan kesalahan tempat yang menjadi kendala Apple Maps beberapa tahun yang lalu. Apple juga mengambil data dari 3,000 sumber, yang membuat Apple Maps dapat menghasilkan informasi yang terpercaya. Pada iOS 9, Apple Maps juga mendapatkan fitur Public Transit Direction, yang memberikan informasi seputar kendaraan umum. Fitur Public Transit Direction ini belum tersedia untuk wilayah Indonesia.

Namun, kemenangan Apple ini hanya terjadi pada platform iOS. Secara keseluruhan, Google Maps masih unggul. Hal ini dianggap wajar karena Apple Maps hanya tersedia pada platform iOS, sedangkan Google Maps tersedia secara cross-platform.


Follow Twitter kami, like Facebook Page kami, follow Instagram kami dan like Google+ kami untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget terbaru dari Ceklit.

Leave a Reply