5 Kegagalan Terbesar Microsoft

Microsoft adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia. Dominasi Windows pada sistem operasi PC sudah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun. Namun, banyak juga produk Microsoft yang gagal meraih kesuksesan. Berikut adalah 5 produk Microsoft yang gagal total dipasaran.

1. Windows Vista

 

Windows Vista mempunyai beban berat untuk meneruskan kesuksesan Windows XP. Permasalahan utama pada Windows Vista adalah lambat dan tidak stabil. Selain itu, Vista juga tidak kompatibel dengan banyak program sehingga menyebabkan perusahaan enggan untuk upgrade.

Untungnya, Microsoft cepat menyadari permasalahan ini dan Windows 7 kembali meraih kesuksesan. Sampai saat ini, Windows 7 adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan.

2. Zune

 

Zune adalah media player yang dibuat Microsoft untuk menandingi iPod. Diluncurkan 5 tahun setelah iPod, angka penjualan Zune terus mengecewakan. Pada tahun 2011, Microsoft secara resmi mengehtikan penjualan Zune media player. Majalah Time Magazine pernah menyebut Zune sebagai produk teknologi terburuk dalam satu dekade.

3. Bob

 

Bob adalah digital assistant untuk Windows pada era 90an. Berbeda dengan Siri yang menggunakan pesan suara, Bob memberikan petunjuk menggunakan tulisan berupa tips-tips cara menggunakan program. 

Bill Gates pada interview nya baru-baru ini mengatakan Bob siap untuk kembali ke Windows. Menurut Gates, kegagalan Bob generasi pertama disebabkan karena terlalu canggih untuk jamannya, sama seperti MSN Smartwatch dan Tablet PC Windows. Mudah-mudahan Bob versi 2.0 lebih sukses daripada versi pendahulunya.

4. Tablet PC

 

Microsoft meluncurkan Tablet PC berbasis Windows pertama kali sembilan tahun sebelum Steve Jobs mengumumkan iPad. Pada tahun 2001, Bill Gates memprediksi Tablet PC Windows akan menjadi bentuk paling populer dari PC, mengalahkan Desktop maupun Tablet. 

Ide cemerlang Microsoft ini tidak diikuti dengan eksekusi yang baik. Tablet PC generasi awal banyak mengalami permasalahan, diantaranya baterai tidak tahan lama, perangkat terlalu tebal, touch screen yang kurang responsif, serta navigasi Windows pada perangkat kecil menggunakan stylus cukup sulit. 

5. MSN Smartwatch

Microsoft dikabarkan siap untuk meluncurkan Smartwatch baru. Tapi, itu bukan pertama kalinya Microsoft meluncurkan Smartwatch. Pada tahun 2004, Microsoft meluncurkan MSN Smartwatch, dengan fitur Radio FM dan kemampuan menampilkan data seperti hasil pertandingan bola dan harga stock. Microsoft berencana bekerja sama dengan beberapa vendor pembuat jam, namun akhirnya membatalkan rencana ini sepenuhnya.

Demikianlah daftar produk-produk Microsoft yang gagal. Microsoft akan meluncurkan Windows 10 pada bulan Juli mendatang. Menarik untuk dilihat apakah Windows 10 akan sukses atau malah menambah rapor merah Microsoft.


Follow Twitter kami, like Facebook Page kami, follow Instagram kami dan like Google+ kami untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget terbaru dari Ceklit.

Leave a Reply