6 Fitur Unggulan Android M

David Burke, Vice President Google Android Engineering, mengumumkan Android M dan menjelaskan beberapa fitur utamanya. Android M akan hadir secara resmi pada akhir tahun ini dan merupakan perbaikan dari Android Lollipop yang diluncurkan pada tahun lalu. Berikut adalah 6 fitur andalan Android M.

Android M photos

 

App Permissions

Fitur pertama adalah App Permissions. Pengguna Android M kini akan mendapat kekuasaan penuh untuk mengatur apa saja yang boleh digunakan oleh sebuah aplikasi. Saat ini, pengguna Android harus menyetujui semua ijin yang diminta oleh aplikasi atau aplikasi tersebut tidak dapat digunakan. Kini, pengguna dapat mengatur semua izin secara inividual, sama seperti yang diterapkan Apple pada iOS.

Burke memberikan contoh pada aplikasi WhatsApp. Pada Android M, ketika pengguna menekan tombol Microphone, maka akan ada pop-up menu yang meminta izin terlebih dahulu untuk menggunakan Microphone. Apabila izin tersebut ditolak, maka WhatsApp tidak dapat mengakses Microphone pada perangkat, namun semua fitur lainnya berjalan dengan normal.

Chrome Tabs & App Links

Aplikasi yang menyediakan link didalamnya kini mempunyai kemampuan untuk membuka tab Chrome langsung di dalam aplikasi tersebut. Bagusnya, semua data kita seperti password, profile, dan history dapat diakses dari tab tersebut.

Sementara itu App Link memberikan kemapuan untuk mengarahkan link langsung kepada aplikasi bersangkutan. Misalnya pengguna mendapatkan email yang berisi link Twitter, maka dengan menekan link tersebut pengguna akan langsung diarahkan pada aplikasi Twitter tanpa harus memilih terlebih dahulu.

Android Pay 

Seperti namanya, Android Pay adalah sistem pembayaran Smartphone yang diciptakan Google untuk menandingi Apple Pay. Burke menambahkan, Android Pay dapat digunakan pada lebih dari 700,000 outlet di Amerika Serikat dan dapat digunakan pada semua terminal pembayaran yang menggunakan teknologi NFC. Pengguna hanya perlu membuka Smartphonenya dan mendekatkannya pada terminal NFC untuk melakukan pembayaran.

Fingerprint Support

Android M juga akan memberikan dukungan secara native pada perangkat deteksi sidik jari. Jadi, apabila ada Vendor yang ingin menggunakan deteksi sidik jari pada perangkatnya, vendor tersebut tidak perlu mengembangkan software secara terpisah dan dapat secara langsung menggunakan fitur deteksi sidik jari pada Android M. Deteksi sidik jari ini dapat digunakan untuk lock aplikasi, melakukan pembayaran Android Pay, dan aplikasi pihak ketiga.

Doze

Android M akan mempunyai fitur penyimpanan daya yang disebut dengan Doze. Menggunakan kemapuan pendeteksi gerakan, Doze dapat mengetahui apakah perangkat tersebut berada di tangan pengguna atau tidak. Apabila perangkat tidak berada di tangan pengguna, Doze akan memasuki kondisi Deep Sleep yang akan menghemat pemakaian baterai. Dalam kondisi Deep Sleep ini, perangkat masih dapat menerima notifikasi.

Menurut pengujian awal, perangkat yang menggunakan Doze mempunyai daya tahan baterai dua kali lipat dibandingkan perangkat yang tidak menggunakan fitur Doze.

USB Type C

Dalam waktu dekat, Google berharap Micro USB pada perangkat akan digantikan dengan USB Type C, yang pertama digunakan Apple pada MacBook terbaru. USB Type C lebih superior dibandingkan Micro USB karena dapat digunakan pada dua arah, lebih cepat dalam mentransfer data, serta dapat digunakan pada beberapa aktifitas secara bersamaan.


Follow Twitter kami, like Facebook Page kami, follow Instagram kami dan like Google+ kami untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget terbaru dari Ceklit.

Leave a Reply