Panasonic Rilis Smart TV Berbasis Firefox OS

Panasonic, bekerja sama dengan Mozilla, merilis Smart TV pertama yang menggunakan sistem operasi Firefox OS. Panasonic mengumumkan terdapat enam Smart TV berbasis Firefox OS yang sudah dapat dibeli di Eropa, dengan negara lain menyusul pada bulan Juni dan July mendatang. Dua model yang paling populer, Smart TV 40-inci CX680 dan 50-inci CX700  dijual dengan harga masing-masing $1,240 (sekitar 16 Juta Rupiah) dan $1,570 (sekitar 20 Juta Rupiah).


Mozilla dan Panasonic mulai mengembangkan Firefox OS untuk Smart TV pada awal tahun lalu. Panasonic mendemokan Smart TV dengan sistem operasi Firefox OS untuk pertama kalinya pada bulan Januari lalu. Respons awal yang didapatkan Smart TV Firefox OS ini cukup positif. Bahkan Direktur Unit TV Panasonic, Masahiro Shinada, mengatakan Smart TV dengan sistem operasi Firefox OS lebih baik daripada Smart TV Panasonic sebelumnya karena mempunyai tampilan antar muka yang lebih user friendly

Ini juga merupakan langkah penting bagi Mozilla dalam memasuki pasar Smart TV, yang sudah dipenuhi oleh beberapa nama besar. Apple mempunyai Apple TV, Google dengan Android TV, Samsung mempunyai Tizen, dan Roku juga berencana untuk membuat sistem integrasi langsung dalam TV. Walaupun masih tergolong langkah yang relatif kecil, Mozilla bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengevaluasi kinerja mereka untuk terus mengembangkan Firefox OS dalam waktu yang akan datang. 


Follow Twitter kami, like Facebook Page kami, follow Instagram kami dan like Google+ kami untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget terbaru dari Ceklit.