Perlukah Melakukan Safely Remove atau Eject  Sebelum Mencabut Perangkat USB?

Sudah menjadi hal yang umum bahwa kita harus melakukan Safely Remove atau Eject sebelum melepaskan perangkat USB dari PC kita. Komputer bahkan akan memberikan peringatan apabila kita mencabut perangkat USB kita tanpa melakukan Eject terlebih dahulu. Tapi perlukah hal tersebut dilakukan? Jawaban singkatnya adalah IYA. Mengapa demikian?


Kebanyakan perangkat USB yang terhubung ke komputer baik Windows, Mac, maupun Linux menggunakan protokol USB Mass Storage. Dalam protokol USB Mass Storage, Terdapat sebuah proses bernama Write Caching. Jika terdapat beberapa proses yang sedang berjalan, Sistem Operasi tidak langsung mengolah data ke dalam perangkat USB, melainkan menyimpannya terlebih dahulu pada media penyimpanan sementara bernama Cache. 

Penggunaan Cache ini akan membuat keseluruhan pemrosesan sistem operasi menjadi lebih cepat. Tapi risikonya, apabila Cache masih penuh dan kamu mencabut perangkat USB tanpa melakukan Safely Remove, data yang berada di dalam perangkat USB tersebut bisa rusak.

Melakukan Safely Remove atau Eject akan mengkosongkan Cache terlebih dahulu. Makanya, ketika kita melakukan Safely Remove atau Eject, terdapat jeda beberapa detik sebelum pesan “You Can Now Safely Remove Hardware” pada Windows atau “Drive Ejected” Pada Mac muncul. 


Follow Twitter kami, like Facebook Page kami, follow Instagram kami dan like Google+ kami untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget terbaru dari Ceklit.