Samsung Jadi Produsen Chip iPhone 6S, iPad Air 3, dan iPad Pro

Rival lama Apple, Samsung, dikabarkan akan menjadi produsen chip prosesor Apple A9 yang akan digunakan pada iPhone 6S, iPad Air 3, dan bahkan iPad Pro. Dalam beberapa bulan terakhir, terdapat banyak rumor mengenai siapa yang akan memproduksi chip A9, antara Samsung atau perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Keunggulan teknologi membuat Samsung menjadi pilihan Apple untuk memproduksi chip prosesor mereka.

Pada tahun 2013, Apple menandatangani kesepakatan dengan TSMC untuk memproduksi chip Apple. Hal ini dilakukan agar terdapat variasi produsen sehingga Apple tidak terlalu bergantung terhadap Samsung, yang kala itu sedang mempunyai masalah legal dengan Apple. Akhirnya, baik Samsung maupun TSMC memproduksi chip Apple A8 dan A8X, yang digunakan pada iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPad Air 2.

undefined  

Chip Apple A9 akan berukuran 14-nanometer, lebih kecil dari chip Apple A8 dan A8x yang berukuran 20-nanometer. Ukuran chip yang kecil ini dapat membuat perangkat iOS generasi berikutnya menjadi lebih tipis dan lebih hemat daya. Ketidaksanggupan TSMC memproduksi chip dengan ukuran 14-nanometer membuat Apple melirik Samsung. Apabila benar Samsung akan menjadi produsen tunggal chip Apple A9, hal ini akan menguntungkan Samsung, yang mengalami penurunan performa finansial dalam 2 tahun terakhir.

Belum banyak bocoran tentang perangkat iOS generasi berikutnya. Namun beberapa rumor mengatakan Apple siap untuk meningkatkan resolusi kamera dari 8 Mega Pixel, yang sudah digunakan selama 4 tahun diawali oleh iPhone 4S. Selain itu, Apple juga menyiapkan chip A9 untuk tablet iPad Pro, yang dirumorkan akan mempunyai ukuran layar 12 inci. 


Follow Twitter kami, like Facebook Page kami, follow Instagram kami dan like Google+ kami untuk mendapatkan informasi berita teknologi dan gadget terbaru dari Ceklit.